Pemain keyboard legendaris Jon Lord ikut menulis beberapa lagu Deep Purple yang melegenda seperti "Smoke On The Water." (www.jonlord.org)
Kontribusi Lord kepada dunia musik, terutama rock klasik tak terhingga
Berita Terkait
Jakarta (ANTARA News) - Mantan keybordis band heavy rock Deep Purple meninggal dunia pada usia 71 tahun akibat kanker pankreas yang dideritanya. Lord meninggal di salah satu rumah sakit di London, Senin (waktu setempat).

Lord yang juga salah satu pendiri Deep Purple pada 1968 telah menyumbangkan beberapa lagu untuk band-nya, di antaranya Smoke on the Water. Tak hanya itu, Lord pun pernah menyumbangkan kepiawaiannya bermain bas bersama band Whitesnake.

"RIP sang maestro Jon Lord, keybordis Deep Purple. Anda telah banyak menghasilkan lagu-lagu bagus dan aransemen-aransemen cantik! Terima kasih," tulis mantan bintang Rage Against the Machine Tom Morello dalam akun twitter pribadinya.

Lord bukan sekadar pemain keyboard Deep Purple. Dia adalah musisi bertalenta tinggi. Dia terinspirasi dari beberapa aliran musik seperti klasik, blues, dan jazz, namun gaya khasnya memainkan organ Hammond miliknya dengan gaya rock lah yang mampu membuat Deep Purple menjadi band pionir dalam aliran progresif dan heavy rock.

"Kami sebenarnya akan menulis dan merekam satu album sebelum dia sakit. Kontribusi Lord kepada dunia musik, terutama rock klasik tak terhingga. Saya akan sangat merindukannya," ungkap mantan keybordis band Yes Rick Wakeman yang juga sahabat Lord, seperti dikutip dari BBC.

Lahir di Leicester, awalnya Lord belajar piano klasik ketika kecil, sebelum akhirnya tergoda pindah aliran akibat menonton permainan bintang rock and roll Jerry Lee Lewis dan si jenius jazz Jimmy Smith.

Dan Lord sebenarnya bisa saja memilih berkarier sebagai aktor setelah menerima beasiswa pada sebuah sekolah drama, namun alih-alih menjadi aktor, dia mulai bermain band bersama Ronnie Word (Rolling Stones) dan adiknya Art.

Pertemuannya dengan gitaris Ritchie Blackmore lah yang menjadi cikal bakal kelahiran Deep Purple. Selain mereka berdua, saat itu, Deep Purple juga diperkuat vokalis Ian Gillan, pemain drum Ian Paice, dan pembetot bas Roger Glover.

Setelah Deep Purple bubar pada 1976, Lord kembali ke akar musik asal, klasik. Namun dia pun sempat bergabung dengan band lain seperti Whitesnake and Paice, serta Ashton and Lord.

Pada reuni Depp Purple 1984, mereka kembali berhasil menggebrak dengan bermain di hadapan puluhan ribuan penggemar di seluruh dunia. Deep Purple berhasil menjual total 150 juta kopi album hingga pada 2002, Lord kembali hengkang.

Lord mengumumkan tentang penyakit kanker yang dideritanya di situs resmi miliknya pada tahun lalu. Tak lupa dia memberitahu para penggemarnya bahwa dia akan terus menulis musik sebagai bagian dari terapi penyembuhannya. Selamat jalan, Lord.
(feb)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © 2012
Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com